SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan
oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu
dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan
perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan
panjang maupun tujuan jangka pendek. Selain itu, analisis SWOT juga dapat
diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat
deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi.
Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di
jadikan masukan. Dan kemudian masukan
tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pangguna analisa ini,
bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang
ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sebuah perusahaan
atau oraganisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat yang mampu memberikan jalan
keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.
Definisi Analisis SWOT
SWOT merupakan singkatan dari Strength Weaknesses
Opportunities Threats. Yang artinya Strength (kekuatan), Weaknesses
(kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan). Dalam artikel ini
kita akan membahas satu-persatu tentang analisis SWOT secara singkat.
Seperti yang kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses
Opportunities Threats) terbagi menjadi 4 bagian yakni:
1. Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran
kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di
lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi
perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan
para pesaing-pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul
didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi
segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
2. Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisi kelemahan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran
kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Weaknesses
merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan
ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang
serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi. Misalnya jika
perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka
perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan
dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat
perusahaan menjadi kalah saing dan mudur di bandingkan perusahaan lainnya.
3. Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang
yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut
dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa
depan. Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang
ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa
berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang. Misalnya sebuah
perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana daerah
tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau. Maka
perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptaka produk minuman yang segar
dan harganya terjanggaku.
4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman
dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha. Theart
merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh
suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat
menyebabkan kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di atasi, maka
ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan
dijalankan. Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah
pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin moderen serta banyaknya
kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh bahan
baku, Maka oragnisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang menyebapkan
tantangan atau ancaman tersebut terjadi.
Manfaat Analsis SWOT
Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling
dasar dalam melakukan analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu
permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari
analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan
kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi
kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.
Jika digunakan dengan baik dan benar, maka analisis ini akan dapat digunakan
untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari
sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT
adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam
manajemen perusahaan atau organisasi . Analisis ini berperan sebagai alat untuk
meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan
atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus
dihadapi.
Referensi
https://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=wi
Tidak ada komentar:
Write komentar